Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk Paling Mudah

Selamat datang di situs kami yang mengulas berbagai macam informasi terkait dengan perkembangan dunia gadget yang mungkin Anda butuhkan, Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk Paling Mudah.

Cara Install Ulang Windows 7 – Bagi sebagian orang menginstal driver windows ke dalam PC atau Laptop adalah hal yang cukup mudah dan bisa dilakukan dalam hitungan menit saja. Perlu diketahui Windows biasanya menjual produk mereka dalam bentuk driver atau kaset CD/DVD yang berfungsi untuk menginstal sehingga pemilik PC tidak perlu repot-repot membawanya ke tukang instal apabila memiliki driver sendiri. Namun sayangnya untuk perangkat yang tidak memiliki tempat Optical Drive seperti Notebook sudah pasti akan mengalami kesulitan dalam menginstal windows.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara instal windows 7 atau versi diatasnya dengan bantuan USB Flash Disk. Cara ini dianggap lebih praktis karena bisa disimpan atau di kirim ke teman yang membutuhkan.

Selain itu ada beberapa keuntungan menginstal windows melalui flash disk. Salah satunya yaitu proses instal diklaim lebih cepat dibandingkan menggunakan kaset. Namun demikian ada pula kekurangan dalam menggunakan flash disk. Misalnya saja kita harus menyiapka flash disk dengan ukuran cukup besar dan harus membuat bootable memakai software khusus.

Untuk itu silahkan anda baca artikel yang saya berikan dan pelajari tahap-tahapnya agar tidak salah, untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya pindah atau simpan lebih dulu data penting anda ke komputer lain misalnya seperti file kerja, tugas kuliah game berukuran besar dan lain sebagainya. Jika anda bisa mengikuti langkahnya dengan benar proses instal PC atau laptop menggunakan flash disk dijamin bisa berhasil 100 persen.

Baca Juga: Cara Instal Whatsapp di Laptop

Syarat-syarat untuk bisa instal windows menggunakan flash disk diantaranya anda harus memiliki USB flash disk berukuran minimal 4 GB atau jika PC anda 64 bit setidaknya anda harus memiliki flash disk 8 gb. Selain itu seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya bahwa anda juga harus memiliki sofware khusus bernama refuse bootable tools yag akan mengubah flash disk agar bisa dibaca saat masuk boot. Yang paling penting yaitu anda wajib memiliki file windows dengan ekstensi ISO baik itu 7,8 atau 10.

1. Tahap pertama download dulu softwarenya bernama Rufus, silahkan cari di google
2. Setelah itu masukkan flashdisk ke laptop lalu buka aplikasi Rufus. tuggu sampai Device terdeteksi seperti gambar di bawah.

3. Kemudian klik gambar CD drive untuk memilih lokasi file ISO windowsnya,  lalu OPEN.

4. Aplikasi Rufus akan merubah file secara otomatis system dari  FAT32 menjadi NTFS. Anda dapat mengganti drive tersebut pada New volume label. Lalu klik Start untuk memulai.

5. Jika sudah akan ada notifikasi bahwa data pada drive akan diformat, untuk itu pastikan anda sudah melakukan backup data penting didalamnya. Selanjutnya pilih OK.

6. Tunggu sekitar 20 menit atau bisa juga lebih cepat tergantung ukuran file yang diproses

7. Finish! sekarang Flashdisk sudah terisi media instalasi windows.

Langkah berikutnya  mengatur BIOS supaya booting pertama kali bisa membaca flashdisk

Cara Setting BIOS Supaya Booting dari Flashdisk

1. Colokkan flashdisk yang di bootable tadi

2. Nyalakan komputer/ laptop anda lalu segera tekan tombol DEL (Delete) untuk masuk ke menu BIOS. Jika tombol tersebut tidak bisa coba menggunakan tombol lain karena terkadang setiap merek berbeda-beda.

3. Tampilan menu BIOS terlihat seperti gambar di bawah lalu pindah ke tab Boot dengan menggunakan tombol arah kiri atau kanan.

4. Lihat menu device berada di urutan teratas yaitu HDD. Itu artinya booting dari komputer/ laptop anda pertama kali dari HDD.

5. Untuk mengubah booting pertama kali keflashdisk, silahkan tempatkan Removable Devices di urutan teratas dengan cara memilih Removable Devices, kemudian geser memakai tombol +/- hingga terlihat ada di urutan teratas seperti gambar dibawah ini.

6. Jika sudah silahkan tekan tombol F10 untuk save dan exit

Nah semua tahap sudah anda lakukan dan setelah booting keluar maka proses penginstalan baru akan berjalan. Untuk cara instal windows 7, 8 dan 10 prosesnya tidak jauh berbeda dengan cara di atas.

Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk Paling Mudah | rizaku | 4.5
KLIK (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di RIZAKU.COM

×